Online shopping adalah tren berbelanja yang makin populer di kota-kota besar. Selain kemacetan yang bisa dihindari, online shopping juga memudahkan konsumen mendapatkan jenis barang tertentu tanpa harus beranjak ke mana-mana. Namun apakah jenis barang yang paling sering dibeli konsumen secara online?
Berdasarkan hasil survei MarkPlus Insight Indonesia Netizen Survey 2013, setidaknya ada tiga jenis barang yang paling sering dibeli konsumen baik secara online maupun offline. Tiga barang tersebut adalah pakaian, sepatu, dan tas. Sebanyak 67,1% responden mengatakan bahwa mereka membeli pakaian secara online, 20,2% mengatakan membeli sepatu, serta 20% mengaku membeli tas.
Ternyata, tiga barang tersebut juga menjadi barang yang paling sering dibeli responden secara offline. Sebanyak 79,2% dari 2.105 responden gemar membeli pakaian, 56,4% membeli sepatu, dan 17% membeli tas
Berdasarkan suvey tersebut dapat disimpulkan jika tiga jenis produk yakni pakaian, sepatu dan tas merupakan jenis produk yang memiliki pasar yang potensial baik itu secara offline maupun online.
Melihat potensi ini, berikut saya lampirkan contoh analisis kelayakan usaha online shop yang saya tulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya mempelajari mata kuliah analisis kelayakan usaha di semester 5 di jurusan Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Artikel keren lainnya: